Cara Menghitung Biaya Pembangunan Rumah

Jika anda mempunyai sebidang tanah dan ingin membangun rumah tinggal yang mewah atau rumah impian anda dan keluarga, anda bisa meminta bantuan jasa kontraktor atau jasa pembangunan rumah. 



Tapi alangkah baiknya jika anda mempunyai pengetahuan yang cukup terlebih dahulu seputar langkah-langkah yang harus dilakukan dalam perencanaan pembangunan dan perancangan rumah seperti cara menghitung biaya pembangunan rumah tersebut dan lain sebagainya, seperti berikut ini yaitu : 

  • Menentukan persentase luas lahan yang akan dibangun. Ini terkait dengan garis sepadan bangunan dan luas halaman yang anda inginkan. Idealnya setiap rumah memiliki halaman sebagai resapan dan menciptakan sirkulasi udara yang baik. Dukung program satu orang satu pohon untuk kelestarian bumi kita.
  • Sesuaikan kebutuhan ruangan dengan ketersediaan lahan. Fenomena yang umum terjadi di kota besar adalah keterbatasan lahan dan tingginya harga tanah. Namun kebutuhan ruang sering kali tak dapat ditunda. Solusinya adalah membangun rumah bertingkat.
  • Membuat Denah Rumah. Ini tahapan penting yang membutuhkan waktu dan kecermatan. Diskusikan dengan anggota keluarga jika perlu. Siapa tau kita bisa mendapatkan ide ide segar. Untuk rumah yang lebih besar mintalah bantuan Arsitek. Mereka mempunyai keahlian khusus untuk memadukan unsur keamanan, kenyamanan, estetika dan legalitas dalam paduan yang seimbang.
  • Tentukan gaya rumah anda. Ini menentukan tampilan fasade, warna dan material finishing. Mungkin anda suka dengan gaya minimalis, klasik, country, mediterenian atau gaya bebas yang anda ciptakan sendiri.
  • Memilih material bangunan. Material akan menentukan biaya yang dibutuhkan. Kita tentunya menginginkan material yang bagus dengan harga yang murah. Tentunya ini sulit dan membutuhkan keahlian untuk menyiasatinya.
  • Membuat Rencana Anggaran Biaya Pembangunan dan cara menghitung biaya pembangunan yang tepat seperti Secara garis besar biaya untuk pembangunan rumah terdiri atas biaya bahan bangunan dan upah pekerja. Bagi kontraktor yang berpengalaman biaya bisa dihitung secara kasar per m2. Misalnya 2,5 juta/m2 yang sudah termasuk upah pekerja dan material.
  • Membuat Ijin Mendirikan Bangunan. IMB tidak hanya ditujukan untuk mendirikan bangunan baru tetapi juga untuk merenovasi, memperbaiki, menambah atau mengubah suatu bangunan.
  • Jadwalkan pekerjaan pembangunan rumah anda. Buatlah target pelaksanaan pekerjaan sesuai kebutuhan. Perhatikan juga faktor cuaca. Udara lembab pada musim hujan dapat menimbulkan banyak masalah.

Demikian beberapa informasi di atas, smeoga bermanfaat untuk anda, Pada dasarnya tahap Perencanaan menentukan kelancaran pelaksanaan pekerjaan pembangunan rumah anda. Banyak terjadi karena perencanaan yang tidak matang terjadi bongkar pasang pada pelaksanaan. Waktu menjadi molor dan biayapun membengkak. Oleh karena itu Pastikan perencanaan yang matang sebelum melanjutkan ke tahap pelaksanaan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar