7 Jurus Ampuh Membuat Rumah Bebas Dari Nyamuk

Nyamuk adalah ancaman nyata bagi rumah impian anda. Iklim tropis Indonesia adalah kondisi ideal bagi nyamuk untuk berkembang biak, dan populasi nyamuk yang tinggi adalah satu hal yang pasti tidak anda inginkan untuk terjadi di rumah anda. Apa yang harus anda lakukan untuk membangun rumah bebas nyamuk? Simak jurus-jurus berikut ini.



Pencegahan Pasif

Pencegahan datangnya nyamuk di rumah ataupun di halaman anda dapat dilakukan sejak awal membangun rumah yaitu melalui desain rumah yang tidak disukai nyamuk, antara lain:
  • Sirkulasi udara yang baikUdara yang lembab dan bau tertentu adalah hal yang disukai oleh nyamuk. Oleh karena itu pastikan rumah anda memiliki banyak bukaan sehingga tercipta sirkulasi udara yang baik. Gunakan kawat kasa / kawat nyamuk pada jendela untuk membatasi akses nyamuk tanpa menghalangi aliran udara.

  • Rumah yang terangNyamuk cenderung menyukai tempat gelap, oleh karena itu buat rumah anda terang dengan memanfaatkan banyak jendela dan cat dinding berwarna terang. Hindari atau tutup sudut-sudut gelap yang terjadi akibat pertemuan antar ruang, furniture, dan tangga.

  • Taman dan halaman yang rapihRimbunnya tanaman dapat menyebabkan area di bawahnya lembab dan gelap, oleh karena itu hindari pohon besar jika anda memiliki halaman yang sempit, kemudian potong dan rapihkan selalu taman agar tidak menjadi sarang nyamuk. Jika kebetulan anda memiliki tanaman buah, maka pastikan bahwa buah yang jatuh di tanah cepat dibersihkan.  

  • Material rumah anti nyamukBelum lama ini telah diproduksi cat tembok yang mampu melumpuhkan dan menghalau nyamuk dari rumah. Melengkapi jendela dengan kawat kasa / kawat nyamuk juga dapat dilakukan sejak awal.

Pencegahan Aktif

Selain pencegahan nyamuk melalui desain rumah, pencegahan melalui tindakan langsung juga wajib dilakukan, yaitu:

  • Hindari genangan airHal ini pasti sudah sering anda dengar, genangan air adalah tempat nyamuk bertelur, dengan menghindari terjadinya genangan air di dalam maupun di sekitar rumah maka dengan sendirinya anda mengurangi resiko masuknya nyamuk ke rumah. Yang perlu anda perhatikan adalah sumber genangan air di rumah, meliputi: saluran air yang terganggu alirannya, wadah air binatang peliharaan, pot tanaman, kolam renang atau kolam ikan, akuarium, dan water reservoir rumah anda.

  • Rumah bersih dan rapihRumah penuh debu, sarang laba-laba, dan baju kotor yang tergantung di sudut-sudut merupakan tempat ideal bagi nyamuk. Usahakan agar rumah selalu bersih untuk menghindari datangnya nyamuk.
  • Anti nyamuk alami / tanaman anti nyamuk
    Sejumlah tanaman memiliki aroma atau bau yang tidak disukai nyamuk. Nenek moyang kita sudah sejak jaman dahulu kala memanfaatkan tanaman-tanaman ini dengan menanamnya di pekarangan rumah atau menggosokkan daunnya ke tubuh mereka. Tanaman pengusir nyamuk antara lain: Lavender, Geranium / Tapak Dara, Rosemary, Zodia, Serai, Akar Wangi, Kecombrang, Selasih, Suren, Marigold, Kemangi, dan banyak lagi lainnya. 

Pencegahan aktif dengan alat dan obat

Terakhir, jika diperlukan, maka anda dapat melakukan pencegahan nyamuk aktif dengan menggunakan perangkat, alat atau obat, misalnya dengan: Air Curtain, perangkat mekanis berupa kipas / blower yang diletakkan di atas pintu dan menghembuskan angin yang membuat nyamuk tidak bisa lewat; Tirai Anti Nyamuk, memiliki prinsip yang sama dengan kawat nyamuk, hanya terbuat dari bahan plastik atau kain yang lentur dan bisa digantung di bukaan pintu seperti tirai atau digantung di atas tempat tidur seperti kelambu; Perangkap Nyamuk, umumnya berupa lampu yang dilengkapi jaring listrik untuk mematikan nyamuk yang mendekat; dan terakhir, Obat Nyamuk yang tersedia dalam berbagai ragam antara lain obat nyamuk semprot, bakar, elektrik dan pengasapan / fogging.


Nyamuk adalah hama yang dapat mengancam kenyamanan rumah impian dan kesehatan keluarga anda. Mewujudkan rumah bebas nyamuk dapat dilakukan melalui pencegahan pasif maupun aktif, lakukan keduanya sejak pertama membangun rumah untuk pencegahan nyamuk jangka panjang. Tulisan di atas kami harap dapat memberikan gambaran bagaimana mencegah wabah nyamuk di rumah impian anda dan keluarga. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar